Gandeng FSH UNISNU Dalam Seleksi Kepala Desa Kedondong Demak

Gandeng FSH UNISNU Dalam Seleksi Kepala Desa Kedondong Demak

Jepara - Kamis (27/5) Acara pendatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara Lembaga Pendidikan Kajian dan Bantuan Hukum (LPKBH) UNISNU Jepara dengan Panitia Pemilihan Kepedes Kedondong Kabupaten Demak. Kesepakatan MoU ini terjadi di Ruang rapat lantai satu gedung rektorat unisnu pukul 14:00-15:00.

Penandatanganan MOU ini merupakan lanjutan dari keputusan pihak panitia kependes, dimana panitia kependes memiliki persoalan dalam pengisian kepala desa antar waktu. Pengisian kepala desa antar waktu adalah pergantian kepala desa akibat dari kepala desa yang lama tidak dalam memenuhi masa jabatannya sampai tahun 2022. Pak camat Agung mengatakan bahwa kepala desa kedondong yang lama harus digantikan karena tidak dapat melanjutkan pekerjaannya dan akhirnya dibuatlah penyaringan bakal calon kades yang baru. Ada sekitar 7 orang bakal calon kepala desa yang sudah mendaftar dan ini menjadi masalah bagaimana cara menyeleksinya. Akhirnya dengan keputusan bersama pihak panitia meminta bantuan dengan pihak Unisnu sebagai penyeleksi dari bakal calon kepala desa.

Wahidullah direktur LPKBH UNISNU menyatakan bahwa pihak kampus unisnu diberikan kepercayaan sebagai pihak berwenang yang memiliki tugas membuat naskah soal, mengujikan naskah soal, mengoreksi naskah soal dan mengumumkan hasil test naskah soal untuk ketujuh bakal calon kepala desa. Bentuk test akan diselenggarakan secara offline dengan soal 100 butir pilihan ganda dengan isi soal tentang pancasila, kewarganergaraan, undang-undang, perpu, serta pengetahuan umum.

Dengan ditandatangi MOU ini akan membuat permasalahan soal membludaknya pendaftar akan teratasi, karena dari 7 orang pendaftar akan dilakukan test oleh pihak UNISNU dan hanya akan dipilih 3 calon pendaftar yang dapat lolos ke tahap selanjutnya yang memiliki nilai terbaik dari test yang telah dilakukan. Dengan terselenggaranya MoU ini diharapkan dapat membuat kerjasama dari pihak UNISNU dan pemerintah Kabupaten Demak semakin baik, hal ini juga membuat semakin bertambah luasnya pengenalan UNISNU di luar Kabupaten Jepara dan diharapkan dapat membuat minat calon calon mahasiswa dari kabupaten Demak tertarik untuk datang dan bergabung di kampus UNISNU.

Acara penandatangan MoU tersebut turut dihadiri pula oleh beberapa perwakilan dari dua belah pihak yaitu pihak UNISNU: Rektor UNISNU Jepara, Dekan FSH UNISNU Jepara, Ketua Prodi HKI, Ketua Prodi Ps dan bapak Wahidullah sebagai Direktur LPKBH serta bapak Agung Widodo sebagai Camat Kedondong Demak dan perwakilan panitia kependes.


***

Sumber :Lembaga Pers Mahasiswa Bursa

Auditor : Achmad Miftachul Alim


Admin FSH

Komentar