Mahkamah Agung, Bank Indonesia dan MUI Pusat Tujuan KKL FSH 2019

Mahkamah Agung, Bank Indonesia dan MUI Pusat Tujuan KKL FSH 2019

Kamis (28/11/19), Sejumlah 174 Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU Jepara yang terdiri dari Program Studi Hukum Keluarga Islam dan Perbankan Syariah mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Jakarta. Pemberangkatan KKL dimulai pada hari Rabu sore yang terdiri dari 4 bus dan didampingi oleh  Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Ibu Mayadina Rahmi Musfiroh, M.A. beserta dengan dosen-dosen dari Fakultas Syariah dan Hukum lainnya.

Kegiatan KKL ini berlangsung selama satu hari penuh (Kamis, 28 November 2019). Tempat yang menjadi obyek tujuan dari masing-masing prodi yang sesuai dengan kompetensi prodi di Fakultas Syariah& Hukum adalah Mahkamah Agung (MA) untuk Prodi Hukum Keluarga Islam, Bank Indonesia untuk Prodi Perbankan syariah, dan untuk kompetensi umum Mahasiswa  di DSN MUI


Alasan dipilihnya  Kota Jakarta sebagai tujuan KKL adalah untuk lebih mendalami dan agar dapat mengimplementasikan materi-materi mata kuliah yang sudah  didapat selama di bangku perkuliahan, untuk kemudian dijadikan bahan tandingan dalam praktik lapangan. Dalam hal ini, tidak sedikit  mahasiswa yang antusias dan mempunyai rasa keingintahuan tinggi selama proses kegiatan KKL berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa kepada pemateri. 

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara, Ibu Mayadina Rohmi Musfiroh, M.A. menyampaikan, "Kedatangan rombongan Unisnu ini untuk mendalami bagaimana proses fatwa di MUI berlangsung. Termasuk bagaimana fatwa dihasilkan di Dewan Syariah Nasional MUI.

"Kami, dan 200-an Mahasiswa di sini memang sudah lama berniat ke MUI untuk belajar ke-MUI-an dan mengenal apa dan bagaimana MUI sendiri, apa yang dilakukan, bagaimana sistemnya, dan tata kerja di dalamnya,” ujar beliau ketika menyampaikan Pengantar Acara di MUI.

“Kita ingin lebih dalam mengenal fatwa MUI dan ingin mengetahui bagaimana fatwa itu diproses dan bagaimana produksi fatwa dilakukan di MUI dan juga materi terkait Desan Syariah Nasional,” sambung beliau.

Adapun jajaran MUI yang menyambut rombongan mahasiswa tersebut adalah Wasekjen Bidang Fatwa KH. Salahuddin Al Aiyub dan disambut dengan hangat dan tangan terbuka.(lpm Bursa, fz. dian)


Admin FSH

Komentar