Terpilih ! Fajar Rizqi Fadhillah Sebagai Peserta MUN Academy 2020

Terpilih ! Fajar Rizqi Fadhillah Sebagai Peserta MUN Academy 2020

UNISNU – Rabu (5/2) Fajar Rizqi Fadhillah merupakan Mahasiswa dari Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU Jepara yang mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berpartisipasi dalam Ajang MUN Academy 2020 yang bertempat di Universitas Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 6-8 Februari 2020. MUN merupakan singkatan dari Model United Nations. Di dalamnya berdiskusi mengenai isu-isu hingga peristiwa hangat yang terjadi di dunia. Dalam diskusi tersebut Peserta akan menjadi sebuah delegasi dari suatu negara, yang mewakili negara tersebut sesuai dengan kepribadian negara tersebut. MUN bertujuan untuk mencari jalan keluar dan mengambil sikap dalam menghadapi suatu masalah atau peristiwa.

Simulasi MUN berlangsung, suasana formal dibangun dalam simulasi ini. Beberapa delegasi akan menjadi pembicara umum dengan cara mengajukan dirinya. Dalam kegiatan ini, para pembicara akan menyampaikan pandangan negara mereka atas tema diskusi yang dibahas. Delegasi yang tidak menjadi pembicara utama dapat mengajukan mosi untuk membahas mengenai anak tema. Yang bertujuan mengumpulkan masalah dan rintangan yang mungkin dialami beberapa negara. Setelah diskusi dilaksanakan juri akan meminta lembar hasil diskusi. Dalam mengerjakannya, peserta membentuk blok-blok (grup) berdasarkan hasil keputusan diskusi yang mereka inginkan. Umunya, terdapat kelompok yang pro dan kelompok kontra. Masing-masing kelompok akan membacakan dengan jelas hasil keputusan yang mereka ambil. Para juri akan mengumumkan beberapa delegasi terbaik. Mereka itu merupakan delegasi yang aktif mengutarakan pendapat. Beberapa diantara mereka juga terpilih menjadi peserta terbaik. Karena mereka sering memberikan solusi dari pandangan mereka dari permasalahan yang dibahas.

Model United Nations (MUN) di Indonesia pertama kali diselenggarakan di Universitas Indonesia. Sebanyak 167 mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh negeri dan 5 mahasiswa yang berasal dari negara-negara ASEAN tercatat sebagai pesertanya. Mereka menjadi delegasi dari 100 negara yang tergabung dalam organisasi PBB. Dalam acara tersebut terdapat general assembly, United nations security council, dan ASEAN regional forum.

 

Admin FSH

Komentar