Wapalhi UNISNU Jepara Pengukuhan di Gunung Slamet

Wapalhi UNISNU Jepara Pengukuhan di Gunung Slamet

Kegiatan pengukuhan merupakan rangkaian akhir tahapan pendidikan di WAPALHI setelah Pra Pendidikan Dasar dan Pendidikan Dasar. Di tahapan ini para anggota yang akan dikukuhkan diberi hak untuk memilih gunung sebagai tempat pengukuhan sendiri. Syaratnya, gunung yang dituju harus memiliki ketinggian minimal 3000 MDPL. Setelah melakukan diskusi serta pertimbangan panjang, akhirnya diputuskan bahwa pengukuhan tahun 2022 ini dilaksanakan di Gunung Slamet. Gunung Slamet sendiri merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, tingginya mencapai 3.428 MDPL.

Sebelum pemberangkatan dilaksanakan acara tahlilan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pelepasan calon anggota pengukuhan oleh Hudi S. H. I, M. S. I. selaku wakil dekan yang juga dihadiri oleh pembina, pengurus, serta anggota WAPALHI. Seluruh anggota serta pendamping berangkat dari Kabupaten Jepara pada Jumat sore pukul 19.00. Nantinya perjalanan menuju Puncak Slamet akan ditempuh melalui Pos Bambangan, Kabupaten Purbalingga.
Total anggota serta pendamping yang mengikuti kegiatan pengukuhan ini berjumlah 24 orang.

Pendakian menuju puncak dari Basecamp Slamet dimulai pada hari Sabtu, (2/7) pukul 8 pagi. Track menuju puncak Slamet via Bambangan lumayan memerlukan effort tinggi, sebab jalur yang harus dilewati kebanyakan menanjak, minim sekali jalur landai. Namun meski begitu, udara di sana cukup segar sebab pohon-pohon masih lestari, tak heran banyak lutung yang masih hidup bebas di sana. Selain itu, pendaki pun tak perlu khawatir kehabisan persediaan logistik sebab terdapat warung di hampir semua pos. Untuk pendaki yang kehabisan persediaan air pun tak perlu risau sebab tak jauh dari pos 5 terdapat sumber mata air.

Para calon anggota Wapalhi sampai di puncak pada hari Minggu, (3/7) pukul 9.30. Prosesi acara pengukuhan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Ikrar Bhakti WAPALHI dan Kode Etik Pecinta Alam Indonesia, kemudian penyematan slayer biru. Sebelum penyematan slayer biru yang dilakukan oleh Ahmad Zamzuri selaku Ketua Umum Wapalhi, para calon anggota yang hendak dikukuhkan harus melafalkan 5 butir ikrar bhakti WAPALHI terlebih dahulu, dilanjutkan dengan mencium bendera merah putih dan bendera Wapalhi. Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan-sambutan.
Ahmad Zamzuri menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan pengukuhan ini ialah mengukuhkan para anggota yang sudah tuntas mengikuti Pra Pendidikan Dasar dan juga Pendidikan Dasar. Setelah pengukuhan, nantinya para anggota akan ditetapkan sebagai Anggota Tetap WAPALHI dan bakal menjadi regenerasi pengurus ke depannya.

Saya harap dengan diadakannya kegiatan pengukuhan ini tali kekeluargaan sesama anggota semakin erat terjalin. Semoga anggota semakin solid ke depannya," tambahnya lagi. Acara pengukuhan kemudian ditutup dengan sesi bersalaman dan foto bersama.


Admin FSH

Komentar