Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Era Digital

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Era Digital

Pendidikan  sebagai  faktor  kunci  dalam  pembangunan  bangsa  dan  Negara. Dua masalah pokok yang dihadapi adalah peningkatan mutu dan  perluasaan  kesempatan  belajar.  Dan  pendayagunaan  teknologi pendidikan  (Education  Technology)  atau  apa  pun  istilah  yang digunakan:  teknologi  untuk  pendidikan  (Technology  for  Education), teknologi  informasi  (Information  Technology/IT),  atau  teknologi komunikasi  dan  informasi  (Information  and  Communication Technology/ICT)  diyakini  sebagai  salah  satu  cara  strategis  mengatasi masalah  tersebut.

Dalam kesempatan kalini, Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah UNISNU Jepara  melaksanakan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Bidang Hukum Islam Era Digital di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana UNISNU Jepara yang mengundang dua pemateri khusus dalam bidang tekhnologi yaitu Harminto (Pimpinan IT UNISNU Jepara) dan Anang. kegiatan ini diperuntukan kepada pengasuh pondok pesantren se-Kecamatan Tahunan dan Juga Dosen FSH UNISNU Jepara.

Teknologi yang menjadi isu utama perkembangan telah mengubah tatanan hidup manusia termasuk dunia pendidikan. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dewasa ini semakin cepat, dunia pendidikan dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut. TIK menjadi alat bantu yang sangat penting dintegerasikan dalam proses pembelajaran.

Teknologi pendidikan diarahkan untuk memfasilitasi praktik pendidikan berupa pembelajaran dan peningkatan kualitas kinerja dengan mengkreasi, menggunakan dan melakukan pengelolaan berupa media serta metode pembelajaran yang tepat. Pendidikan abad 21 diperlukan keterampilan antara lain: komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah serta kreativitas dan inovasi. Revolusi industri 4.0 berdampak pada pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan fasilitas seperti aplikasi Android melalui gadget, Tab, Handphone, serta multimedia interaktif lainnya.


Admin FSH

Komentar